Mengenal Fungsi Mode Kamera DSLR



Apa itu Mode Kamera?

mengenal dan memamahi mode kamera yang terdapat di kamera dslr maupun slr
Apa itu Mode kamera -- Mode kamera adalah mode yang terdapat pada kamera, berfungsi untuk memudahkan dalam memotret sesuai dengan keinginan kita. Pada kamera dslr terdapat beberapa mode yang sering digunakan yaitu mode auto, mode manual, mode arperture priority, mode shutter priority dan mode programmed. berikut penjelasannya..




mengenal dan memamahi mode kamera yang terdapat di kamera dslr maupun slr

1. Mode auto

Pada beberapa merk mode auto memiliki icon berbeda, pada sony dilambangkan dengan warna hijau, pada kamera canon dengan bentuk kotak berwarna hijau serta nikon dengan tulisan auto. Dengan mode auto kita tidak perlu menentukan setting parameter apapun karena kamera yang akan melakukannya secara otomatis, baik angka ISO, Aperture maupun shutter speed. Kamera sebernarnya telah memiliki fitur kecanggihan auto mode dalam menentukan parameter-parameter tersebut, karena saat menghadapi kondisi dengan pencahayaan berbeda maka setting akan berbeda pula. Mode ini akan menghasilkan gambar yang standart tentunya yakni tidak under maupun over exposure dan white balance biasanya sudah bekerja baik, kecuali dalam kondisi pencahayaan yang sulit dideteksi misal ruang diterangi lilin, atau menggunakan 2 sumber cahaya sekaligus yakni lampu pijar dan neon, sehingga akan membutuhkan setting manual agar lebih tepat.


2. Mode landscape

dilambangkan dengan bentuk gunung, mode ini diset untuk mengabadikan pemandangan/keindahan alam. Mode ini akan merekam warna-warna tajam sertra menggunakan bukaan aperture sempit sehingga semua area dalam gambar akan tampak tajam. Sedangkan shutter speed akan disetting rendah sehingga kita memerlukan bantuan tripod untuk mencegah blur, sedangkan angka ISO akan menyesuaikan disiang hari bisa rendah namun di malam hari akan menggunakan ISO tinggi agar cukup cahaya memasuki sensor.


3. Portrait mode

Mode ini digambarkan dengan icon kepala manusia atau sejenisnya. Dengan mode ini kamera akan secara otomatis melakukan setting terhadap parameter dengan mempertimbangkan keperluan portrait. Kamera cenderung menggunakan bukaan aperture lebar sehingga area tajam akan cukup sempit sebaliknya area blur akan lebih lebar. Sedangkan setting Shutter speed akan lebih cepat biasanya diatas 1/100 detik untuk mencegah blur yang diakibatkan oleh gerakan subjek maupun gerakan tangan kita. Sedangkan ISO akan menyesuaikan untuk menyeimbangkan cahaya yang memasuki sensor


4. Mode portrait malam hari

Portrait di malam hari tentu berbeda dengan portrait dimalam hari, dan hal ini telah diakomodasi oleh fitur otomatis kamera. Mode ini dilambangkan dengan manusia dengan latar belakang bintang/bulan. Setting shutter speed akan cenderung lambat untuk memperbanyak cahaya masuk sensor, sedangkan ISO akan menyesuaikan. Fitur flash kamera akan selalu on untuk menyinari subjek yang berjarak dekat. Bila berada disekitar lampu kota maka lampu-lampu tersebut akan nampak gemerlapan dan mode ini sangat sesuai untuk suasana tersebut.


5. Mode close up

Mode close up seringkali disalah artikan oleh sebagian orang dengan mode makro. Mode makro adalah mengabadikan gambar seukuran aslinya/real size atau lebih besar, sedangkan mode close up hanya mode dekat, sangat dekat dengan subjek. Pada brand canon akan menggunakan bukaan aperture lebar untuk sehingga area DOF akan sempit, berbeda dengan mode nikon yang justru menggunakan bukaan aperture sempit sehingga area DOF akan lebih lebar. Setting kamera Nikon tentunya beralasan karena semakin dekat posisi kamera dengan subjek dengan sendirinya area DOF akan semakin sempit sehingga dibutuhkan bukaan aperture lebar. Kita akan membutuhkan bantuan tripod bila menggunakan mode ini karena semakin dekat dengan subjek maka akan semakin rawan blur.


6. Mode Sport

Mode ini dilambangkan dengan icon manusia berlari dan memiliki spesialisasi dalam mengabadikan pergerakan. Angka shutter speed cenderung tinggi untuk kepertluan aksi seperti atlit olah raga atau anak-anak yang sedang bermain. ISO juga akan dinaikkan untuk menyesuaikan shutter speed dan flash akan berada dalam posisi off. Bukaan aperture akan cenderung lebar untuk menghasilkan area tajam/depth of field yang lebih sempit.






0 komentar:

Posting Komentar